Rabu, 26 November 2014

Tugas Pengantar ICT Kelas K - Usability Web


Website yang akan direview pada kesempatan kali ini adalah Facebook.
Facebook merupakan situs web sosial media yang sangat populer dan masih terkenal hingga sekarang. Situs ini memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan, mulai dari update status, membuat grup, membuat fanpage, dan masih banyak lagi.

Beberapa hal yang merupakan keunggulan dari Facebook adalah fitur-fiturnya. Contohnya fitur Like dan Share, yang sangat bermanfaat untuk sharing, dan fitur Chat untuk chatting antar pribadi maupun grup. Selain itu Facebook juga memiliki fitur Fanpage, yang juga dapat digunakan sebagai peluang bisnis dan iklan.

Hal yang sangat membedakan Facebook dengan web sosial media lainnya, seperti Twitter, Path, dan sebagainya, adalah tampilan antarmukanya. Facebook memiliki tampilan visual timeline yang menarik. Sharing gambar dan berkomentar sangat mudah dan enak dilihat dalam Facebook.

Selain tampilannya, ada satu hal lagi yang sangat berbeda dari Facebook, yaitu fitur Aplikasi / Game Facebook. Fitur ini sangat berpengaruh pesat pada penggunaan Facebook. Bahkan ada yang membuat Facebook hanya untuk bermain gamenya. Contoh dari game Facebook yang sempat terkenal adalah Ninja Saga, FarmVille dan Texas Holdem Poker.

Namun, dibalik berbagai fiturnya tersebut, Facebook juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya:
  • Peluang terjadinya Cyber Crime.
  • Aplikasi mobilenya sangat boros baterai.
  • Terlalu bebas dan mudah untuk berekspresi.
  • Bisa menjadi tempat penyebaran informasi yang tidak benar.
  • Sangat addictive dan menghabiskan waktu, terutama fitur Gamenya.

Kesimpulannya, Facebook merupakan situs web sosial media yang sangat bagus dan memiliki banyak fitur serta tampilan yang menarik, namun juga memiliki beberapa kekurangan dan juga memiliki kemungkinan terjadinya Cyber Crime.

----- Review oleh Galih Anarqi, 1601144207

Tidak ada komentar:

Posting Komentar