Selasa, 18 Desember 2012

Pokémon (Pocket Monsters)


Kalian pasti tau Pokémon kan?
Atau minimal, kalian pasti pernah dengar Pikachu?
Yah payah banget kalo nggak tau wkwk XD
Kalau begitu, kali ini kita akan membahas tentang Pokémon

Pocket Monsters alias Pokémon ini pertama kali diciptakan oleh Satoshi Tajiri, seorang penggemar serangga sekitar tahun 1995. Pertama kali dirilis oleh Game Freak dalam bentuk RPG untuk Game Boy, handheld video game buatan Nintendo.



Game yang pertama dirilis yaitu Pokémon Red & Green yang dirilis hanya di Jepang pada tahun 1995. Game ini dirilis di luar Jepang dengan judul Pokémon Red & Blue pada tahun 1998 dan meraih sukses yang luar biasa. Mengikuti suksesnya, Pokémon kemudian dibuat versi anime, manga, movie, trading card, hingga berbagai franchise lainnya. Kepopuleran Pokémon menjadikannya salah satu ikon budaya pop dunia dan salah satu maskot Nintendo selain Mario dan Zelda.



Pokémon sendiri mengisahkan sebuah dunia dimana manusia hidup dengan berbagai jenis makhluk menyerupai binatang, tumbuhan dan berbagai bentuk kehidupan yang disebut sebagai Pokémon. Pokémon menjadi teman manusia, digunakan dalam pekerjaan, dan yang paling populer, digunakan sebagai kompetisi pertarungan antar Pokémon yang disebut liga Pokémon.


Di sini, setiap pelatih Pokémon diharuskan menangkap Pokémon sebanyak-banyaknya (Gotta catch’em all! – semboyan Pokémon) dan melatihnya hingga siap mengikiti kejuaraan liga Pokémon. Sebelumnya tiap trainer diharuskan mengumpulkan badge/lencana yang menjadi syarat mengikuti liga Pokémon. Lencana ini didapatkan ketika berhasil mengalahkan gym leader.


Sampai saat ini terdapat 649 Pokémon, mulai dari generasi pertama hingga generasi kelima. Pokémon terdiri dari beberapa jenis/tipe, dimana setiap tipe memiliki kelemahan dan keunggulan tersendiri melawan tipe-tipe tertentu. Contohnya, Pokémon tipe air unggul melawan Pokémon tipe api, namun lemah terhadap Pokémon tipe listrik.



Dalam mengumpulkan berbagai pokémon, setiap trainer (pelatih) dibekali dengan pokéball (bola yang dipakai untuk menangkap pokémon), pokédex (ensiklopedia Pokémon, trainer diharuskan melengkapi data pokémon-pokémon), peta, tas, dan berbagai perlengkapan lainnya.


Dunia Pokémon terjadi di beberapa provinsi (region) yang saat ini terdiri dari Kanto, Johto, Hoenn, Sinnoh, dan Unova. Masing-masing region memiliki pokemon, gym, dan turnamen pokemon tersendiri.


Bagaimana penjelasan singkatnya? Ternyata Pokémon cukup menarik kan?
Mungkin bagi orang awam, Pokémon itu terkesan kekanak-kanakan
Tapi menurutku pendapat tersebut benar-benar salah
Karena semua sistem permainan, competitive battle, dan strategi dalam Pokémon
Semuanya menggunakan otak, dan tentunya bukan kekanak-kanakan

Mungkin saja pendapat itu muncul setelah melihat animenya, dimana memang disesuaikan agar mencakup semua umur, tapi kan Pokémon itu bukan cuma dari animenya, tapi juga dari gamenya :)

Okee sekian post kali ini~
Jangan lupa untuk nyoba main game Pokémon yaaa

==========================================================

Artikel yang berhubungan dengan Pokemon :


==========================================================

Situs yang juga membahas Pokemon :


==========================================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar